Tuesday, January 17, 2012

Mengenal Rok Tutu

Rok tutu atau tutu skirt pada awalnya adalah rok balet yang digunakan dalam tarian balet. Terdiri dari beberapa lapis kain dijahit sehingga mengembang, membuat tutu skirt dapat menjadi pakaian bayi lucu dan menggemaskan.

Kini rok tutu anak sangat digemari di Indonesia, terutama untuk dipakai anak-anak dengan beraneka warna. Pada umumnya tutu skirt dibuat dengan bahan kain tille, karena kain ini cukup kaku sehingga dapat mengembang. Namun bahan ini kaku dan terkadang gatal, sehingga anak-anak mungkin tidak merasa nyaman.

Pilihan lain adalah rok tutu anak dari bahan lain seperti kain chiffon atau kain katun, namun harganya cenderung lebih mahal, karena membutuhkan bahan yang sangat banyak agar tutu skirt anak tersebut dapat cukup mengembang. Memang tingkat kemekaran rok tutu sangat bergantung dengan banyaknya kain yang digunakan dan tingkat kekakuan kain.

Biasanya rok tutu set ini dijual beserta bandana bayi dan baju atasan bayi.

Ada beberapa bentuk rok tutu anak anak yang lazim ditemukan di Indonesia:

1. Rok Tutu bertingkat

Rok tutu ini terdiri dari beberapa lapis, dimana panjang tiap lapis berbeda, dan terkadang menggunakan warna yang berbeda sehingga menimbulkan efek gradient yang sangat cantik.

2. Rok Tutu mengembang

Terdiri dari hanya 1 atau 2 lapis kain yang sangat panjang, sehingga bagian bawah rok saling menumpuk membuat volume rok bayi mengembang.

3. Rok tutu tanpa jahit

Rok tutu ini tidak dijahit, melainkan hanya terdiri dari potongan potongan bahan kain yang di ikatkan ke karet yang ada di pinggang. Bentuknya cenderung lebih berantakan dari 2 tipe lainnya.

No comments:

Post a Comment